Jumat, 15 Maret 2013


20.2.13

Wisata Pulau Marsegu.

Hutan Wisata Pulau Marsegu terletak di bagian barat Pulau Seram (Nusa Ina / Pulau Ibu) yang terkenal memiliki Taman Nasional Manusela.
Secara Administratif pulau Marsegu termasuk dalam Kabupaten Seram Bagian Barat, Provinsi Maluku. Pulau ini diberikan nama oleh masyarakat sebagai “Pulau Marsegu” karena mempunyai satwa Kelelawar yang begitu banyak. Kata Marsegu berasal dari bahasa daerah yang berarti Kelelawar. Dalam pikiran pasti terlintas seperti tokoh menyeramkan yaitu “Drakula” penghisap darah, manusia yang menjelma menjadi kelelawar.

22.1.13

Obyek Wisata di Kupang.

Kolam Renang Baumata 

Kolam Renang Baumata
Kolam Renang Baumata adalah sebuah desa yang terletak 16 Km dari Kota Kupang atau 6 Km Arah Timur dari Bandara El Tari kupang, tepatnya di Kecamatan Kupang Tengah yang merupakan salah satu tempat rekreasi/objek wisata yang cukup dikenal dan ramai dikunjungi orang. Sebagai tempat rekreasi, selain terdapat Hutan Alam yang merupakan obyek wisata alam (Eco Tourist), Baumata terkenal juga dengan sumber mata air alamiah yang bersih dan segar. Saat ini Perusahaan air Aquamor yang telah mengekspor air mineralnya keberbagai daerah di NTT mengambil air dari sumber air Baumata.

9.1.13

Alam Desa Mengkang.

Air Terjun Mengkang
Bagi pecinta wisata alam sekaligus penyuka tantangan trekking, Desa Mengkang bisa menjadi sebuah pilihan. Desa mengkang berada dalam wilayah administrasi Kecamatan Lolayan, Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara. Desa ini menjadi penting letaknya karena berada di tengah-tengah Taman Nasional Bogani Nani Wartabone.

Taman Nasional yang berada di dua Provinsi tersebut, yakni Sulawesi Utara dan Gorontalo memiliki luas wilayah 287.115 hektar, dengan 62,32% berada di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow bagian Timur. Desa Mengkang juga dikenal sebagai desa mandiri energi, karena kearifan penduduknya yang memanfaatkan kelimpahan air menjadi sumber pembangkit listrik. Sehingga mereka tak tergantung sama sekali pada pasokan listrik dari PLN.

27.11.12

Kayangan Api

kayangan api
Kayangan Api Adalah berupa sumber api yang tak kunjung padam yang terletak pada kawasan hutan lindung di Desa Sendangharjo Kecamatan Ngasem,Kabupaten Bojonegoro,Jawa Timur. sebuah desa yang memiliki kawasan hutan sekitar 42,29% dari luas desa. Menurut cerita, Kayangan Api adalah tempat bersemayamnya Mbah Kriyo Kusumo atau Empu Supa atau lebih dikenal dengan sebutan Mbah Pandhe berasal dari kerajaan Majapahit. Di sebelah barat sumber api terdapat kubangan lumpur yang berbau belerang dan menurut kepercayaan saat itu Mbah Kriyo Kusumo masih beraktivitas sebagai pembuat alat-alat pertanian dan pusaka seperti keris, tombak, cundrik dan lain-lain.

23.11.12

Jembatan Ampera di Sungai Musi.

jembatan ampera
Kota Palembang dikenal sebagai salah satu pusat perkembangan sejarah budaya di Indonesia. Tentu kita semua ingat cerita kejayaan Kerajaan Sriwijaya yang mampu menguasai hampir sebagian besar wilayah Asia Tenggara. Bukti kejayaan Sriwijaya masih bisa kita saksikan di kota Palembang, Sumatera Selatan. Untuk mencapai kota Palembang, wisatawan bisa melalui jalur transportasi udara melalui bandara Sultan Mahmud Badaruddin di Palembang.

13.11.12

Obyek Wisata di Madura.

Api Tak Kunjung Padam
Api Tak Kunjung Padam merupakan ikon utama parwisata Kabupaten Pamekasan. Lokasinya terletak di Desa Larangan Tokol Kecamatan Tlanakan yang berjarak 4 Km dari pusat kota dengan prasarana jalan yang cukup baik, juga telah tersedia kios dan artshop. Obyek ini memiliki dayatarik baru dengan mengandalkan keajaiban alam berupa Api Abadi atau Api Alam, dimana api ini berasal dari dalam tanah apabila di gali akan uncul api dengan sendirinya. Atraksi wisata yang bisa kita lakukan, yaitu bisa membakar sendiri jagung, ikan dll yang kita bawa atau bisa kita beli disekitar obyek. Selain api alam terdapat juga sumber air belerang yang konon katanya dapat menyembuhkan segala jenis penyakit kulit, bahkan peneliti mengatakan air belerang ini bisa dijadikan bahan untuk kosmetik.

5.10.12

Air Terjun Jumog.

Air Terjun Jumog merupakan tempat wisata observasi alam yang sangat menyenangkan. Air Terjun Jumog berada dalam satu wilayah desa dengan Candi Sukuh di daerah Karanganyar Yogyakarta. Tidak usah khawatir tersesat di lokasi ini, sebab papan petunjuk sangat terlihat dengan jelas oleh mata, terpasang di beberapa tempat lokasi strategis. Obyek Air Terjun Jumog ini berada di kawasan wisata Tawangmangu. Air Terjun Jumog diresmikan oleh Bupati Karanganyar pada tanggal 7 Agustus 2004. Obyek Air Terjun Tumog merupakan salah obyek wisata alam yang melukiskan surga dunia yang hilang.

28.9.12

Green Canyon Pangandaran.

Lokasi wisata ini berada di Pangandaran, Jawa Barat. Tempat wisata alam dengan pemandangan menakjubkan, yang dalam bahasa masyarakat sekitar dikenal dengan nama Cukang Taneuh. Dalam Bahasa Indonesia berarti jembatan tanah.

Mengunjungi Green Canyon bisa Anda lakukan menggunakan angkutan umum diterminal Pangandaran, melalui rute Pangandaran-Terminal Cijulang, dan naik ojek hingga dermaga Ciseureuh, Ciamis. Jarak yang ditempuh sekitar 31 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Dari dermaga, Anda harus menyewa perahu yang mengantarkan ke lokasi wisata Green Canyon. Ongkos perahu sebesar Rp 75.000 untuk lima penumpang. Petualangan Anda pun dimulai.

9.8.12

Wisata Sulawesi Tengah.

Pulau Togean
Obyek Wisata Pulau Togean - Sulawesi Tengah yang indah dan eksotis terutama alam bawah lautnya yang memiliki berbagai karang tropis dalam ukuran besar serta berbagai spesies ikan hias dan kepiting kenari.
Kepulauan Togean letaknya di Kabupaten Tojo Unauna Sulawesi Tengah. Perjalanan menuju Togean dapat ditempuh dua jam jalan darat dari Kabupaten Poso ke Ampana – Tojo Unauna yang dilanjutkan naik perahu motor.
Dikawasan Pulau Togean ini terdapat Gunung Merapi yaitu Gunung Colo yang pernah meletus pada awal tahun delapan puluhan. Kegiatan Memancing, berlayar, berenang dan menyelam dapat dilakukan dikawasan ini. Sederetan pulau-pulau kecil dan besar yang berhutan lebat yang dihuni oleh babi hutan dan Pesisir pantai dihuni suku Bajou yang membuat rumah diatas laut . Pulau-pulau kecil di Togean juga memiliki pantai berpasir putih untuk berjemur dan pada senja hari menikmati matahari terbenam. Keindahan pulau-pulau karang menambah kecantikan alam Togean , Kepulauan yang terletak di tengah Teluk Tomini ini ditumbuhi kawasan hutan yang belum terjamah dan menjadi tempat perlindungan bagi hewan-hewan yang ada di dalamnya.

6.8.12

Alam Kota Malang.

Bagi warga ibukota, Malang di Jawa Timur adalah tempat melepas rasa jenuh. Di sana terdapat air terjun yang sejuk, pantai yang bersih, taman bermain, hingga wisata petik buah yang seru. Tertarik?

Banyak destinasi wisata menarik yang dapat Anda kunjungi saat libur panjang kali ini. Salah satu tempat yang sempurna untuk Anda datangi adalah Malang, Jawa Timur. Hanya terletak 90 kilometer di arah selatan Surabaya, dingin dan sejuknya udara Malang akan langsung menyambut Anda.

27.7.12

Obyek Wisata Kebanggaan Indonesia.

Indonesia merupakan negara yang mempunyai keindahan alam yang luar biasa. Banyak keindahan alam tersebut sudah dikelola menjadi obyek wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi, seperti obyek wisata berikut ini :

Pulau Komodo
Komodo ini biasa disebut wisatawan asing sebagai The Real Life Dragons.Bentuk permukaan pulau Komodo juga unik, ada padang gurun, rumput, maupun perbukitan.Sekitar 1200 spesies komodo hidup di pulau ini.

23.7.12

Obyek Wisata Manado.

Masyarakat Manado dikenal memiliki adat istiadat yang unik, sama seperti ratusan suku di daerah-daerah Nusantara. Daya tarik tempat wisata di Manado adalah keramahan masyarakat setempat yang selalu siap menerima kunjungan wisata dari turis asing maupun domestik. Selain itu, tempat wisata di Manado telah dilengkapi fasilitas penunjang liburan.

Beberapa tempat wisata di Manado yang terkenal antara lain:

1. Taman Nasional Bunaken: Pantai Indah Pada Tempat Wisata di Manado
Taman Nasional Bunaken adalah tempat wisata di Manado dan sekitranya yang paling terkenal di Indonesia dan dunia. Obyek wisata di Manado ini berupa wilayah konservasi lautan yang meliputi area seluas kawasan Pulau Bunaken, Pulau Nain, Pulau Mantehage, Pulau Manabotua dan beberapa pulau kecil lainnya. Lokasi Taman Nasional Bunaken tepat di pantai kota Manado. Anda tidak akan kesulitan mencapai Pulau Bunaken karena tersedia banyak perahu yang disewakan untuk jalan-jalan keliling kepulauan Bunaken.

17.7.12

Pesona Pantai Popoh.

Pesona Tempat Wisata Pantai Popoh di Tulungagung, Jawa Timur.

Provinsi Jawa Timur memiliki garis pantai yang lebih panjang dibanding provinsi lain di Pulau Jawa. Jawa Timur juga mempunyai gugusan pulau kecil berjumlah ratusan pulau. Keindahan tempat wisata pantai di Jawa Timur menjadi daya tarik tersendiri bagi iklim wisata di Pulau Jawa Secara umum, pantai di Jawa Timur dibagi menjadi tiga, yaitu kawasan pantai utara (pantura), daerah tapal kuda, dan pantai selatan.
Salah satu tempat wisata di pantai selatan Pulau Jawa adalah Pantai Popoh. Secara geografis, Pantai Popoh terletak di Kabupaten Tulungagung, provinsi Jawa Timur.

10.7.12

Obyek Wisata Kalimantan Barat.

Di Kalimantan Barat banyak terdapat obyek wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi, diantaranya seperti dibawah ini :

Tugu Khatulistiwa
Tugu Khatulistiwa atau Equator Monument berada di Jalan Khatulistiwa, Pontianak Utara, Propinsi Kalimantan Barat. Lokasinya berada sekitar 3 km dari pusat Kota Pontianak, ke arah kota Mempawah.
Tugu ini menjadi salah satu ikon wisata Kota Pontianak dan selalu dikunjungi masyarakat, khususnya wisatawan yang datang ke Kota Pontianak.
Sejarah mengenai pembangunan tugu ini dapat dibaca pada catatan yang terdapat di dalam gedung.
Dalam catatan tersebut disebutkan bahwa : Berdasarkan catatan yang diperoleh pada tahun 1941 dari V. en. W oleh Opzichter Wiese dikutip dari Bijdragen tot de geographie dari Chef Van den topographischen dienst in Nederlandsch- Indiƫ : Den 31 sten Maart 1928 telah datang di Pontianak satu ekspedisi Internasional yang dipimpin oleh seorang ahli Geografi berkebangsaan Belanda untuk menentukan titik/tonggak garis equator di kota Pontianak

6.7.12

Taman Tirta Gangga

Karangasem adalah sebuah kabupaten yang ada di Provinsi Bali, Indonesia. Di sana, tepatnya di Desa Ababi, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, Bali ada sebuah obyek wisata yang disebut sebagai “Taman Tirta Gangga”. Letaknya berdekatan dengan Puri Karangasem, Taman Ujung Karangasem dan Taman Tulamben. Taman yang luasnya sekitar 1,8 hektar ini dibangun pada tahun 1948 oleh Raja Karangasem terakhir, Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem (dahulu bernama I Gusti Bagus Djelantik), dan kemudian diwariskan kepada sepuluh orang puteranya untuk dijadikan milik bersama (driwe tengah). Pada tahun 1981 pengelolaan Taman Tirta Gangga diberikan sepenuhnya kepada Dr. Anak Agung Made Djelantik.

21.6.12

Obyek Wisata di Bogor

Tempat wisata di Bogor pada umumnya didominasi oleh obyek wisata alam pegunungan. Walaupun begitu, fasilitas pendukung tempat wisata di Bogor telah dibangun oleh Pemerintah setempat. Misalnya: hotel dan penginapan, ATM, telepon umum, jalur transportasi, tempat ibadah, restoran dan tempat bermain anak-anak.

Beberapa tempat wisata di Bogor dan sekitarnya yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga antara lain:


1. Tempat Wisata di Bogor Kebun Raya Bogor.
Kebun raya yang terkenal di kota Bogor adalah Kebun Raya Bogor. Menurut Wikipedia, Kebun Raya Bogor atau Kebun Botani Bogor adalah sebuah kebun botani besar yang terletak di Kota Bogor, Indonesia. Luasnya mencapai 87 hektare dan memiliki 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan. Lokasi Kebun Raya Bogor yang terletak di daerah pegunungan menjadikan obyek wisata ini sangat tepat untuk pertumbuhan tanaman bunga. Pembangunan Kebun Raya Bogor mengilhami hadirnya kebun raya lainnya di kota Bogor.

28.5.12

Wisata di Kepulauan Riau.

Kepulauan Riau memiliki Aneka Kekayaan Alam yang dapat di Jadikan Objek Wisata bertaraf Internasional, karena sektor Pariwisata sudah menjadi salah satu pemasukan yang besar bagi Kas Daerah maupun Negara. Di Provinsi Kepulauan Riau ini banyak kita temui Tempat Wisata Alam yang sangat Indah dan Wisata Sejarah yang menjadi Fenomena kehidupan di Negara Indonesia.

Berikut ini beberapa Objek Wisata yang dapat di kunjungi di Provinsi kepulauan Riau

Objek Wisata Pulau Bintan Kepulauan Riau
Pulau Bintan adalah pulau di provinsi Kepulauan Riau, di mana terdapat Kota Tanjung Pinang, ibu kota Provinsi Kepulauan Riau.di Pulau ini memiliki dua Pemerintahan, Pemerintah Kota Tanjungpinang yang terletak di Senggarang, sedang Pemerintah kabupaten bintan terletak di Bandar Seri Bintan . Pulau ini berdekatan dengan pulau Batam dan negara Singapura.

25.5.12

Air Terjun Saluopa.

Air terjun Saluopa di Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah dapat dikatakan tempat wisata yang paling dikenal oleh wisatawan mancanegara dan wisatawan lokal dengan keindahan alamnya. Air terjun Saluopa bersumber dari mata air yang mengalir dari puncak gunung dengan ketinggian 25 meter. Air terjun ini melewati batuan gunung sebanyak 12 tingkatan yang mengalir deras mengalir hingga ke tingkat paling bawah yang berakhir di sungai kecil Desa Leboni.

13.5.12

Gunung Pangrango.

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango merupakan salah satu dari lima taman nasional yang pertama kalinya diumumkan di Indonesia pada tahun 1980. Keadaan alamnya yang khas dan unik, menjadikan Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango sebagai salah satu laboratorium alam yang menarik minat para peneliti sejak lama.

Tercatat pada tahun 1819, C.G.C. Reinwardt sebagai orang yang pertama yang mendaki Gunung Gede, kemudian disusul oleh F.W. Junghuhn (1839-1861), J.E. Teysmann (1839), A.R. Wallace (1861), S.H. Koorders (1890), M. Treub (1891), W.M. van Leeuen (1911); dan C.G.G.J. van Steenis (1920-1952) telah membuat koleksi tumbuhan sebagai dasar penyusunan buku “THE MOUNTAIN FLORA OF JAVA” yang diterbitkan tahun 1972.

26.4.12

Wisata Taman Laut.

Wilayah Indonesia yang terdiri dari gugusan kepulauan memiliki daerah wisata berupa taman laut yang kaya dengan keanekaragaman biota laut. Beberapa taman laut itu adalah Kepulauan Seribu, Taman Laut Bunaken, Karimunjawa, Taman Laut Wakatobi, Takabonerate, dan Cenderawasih. Wisata taman laut itu menjadi salah satu tempat favorit diving.

Sebut saja, Pulau Seribu yang terletak 45 km sebelah utara Jakarta ini mempunyai nilai konservasi yang tinggi karena keanekaragaman jenis dan ekosistemnya yang unik dan khas. Kepulaun Seribu mempunyai luas wilayah 1.180,80 ha (11,80 km2) dengan jumlah penduduk 20.600 jiwa, terdiri 111 pulau yang tersebar dalam 6 kelurahan.

Tidak ada komentar: