Jumat, 15 Maret 2013

Makanan Indonesia

Makanan Khas dari Bandung.

Peuyeum Khas Bandung

peuyem bandung
Bandung adalah daerah yang dikelilingi oleh pegunungan sehingga cuacanya dingin. Terkait dengan hal tersebut, menurut sejarahnya peuyeum Bandung banyak dibuat karena pada zaman dulu terdapat banyak pohon singkong di Bandung, maka orang-orang zaman dulu memanfaatkannya dengan cara mengolah makanan yang berbahan dasar singkong menjadi peuyeum, karena peuyeum dipercaya mampu menghangatkan tubuh. Khasiat tersebut didapati akibat hasil fermentasi. Peuyeum banyak dikenal sebagai tapai atau tape.

21.7.12

Kuliner berbuka puasa.

Saat menjelang berbuka puasa biasanya yang paling sibuk adalah Ibu rumah tangga. Ia ingin menyediakan makanan yang paling enak dan disukai oleh anggota keluarganya. Ada berbagai jenis makanan khas yang lazim desediakan pada berbuka puasa, seperti kolak dan kurma. Kedua makanan tersebut ditempatku yaitu Jakarta banyak ditemukan dijual di toko, warung atau dipinggir jalan.

Tentu saja lain daerah lain pula makanan khas untuk berbuka puasa, berikut adalah makanan khas untuk berbuka puasa di beberapa daerah di Indonesia yang Ku kutip dari tulisan rekan kita.

Kicak, Yogyakarta
Yogyakarta tak banyak memiliki makanan khas Ramadhan. Tapi satu yang cukup populer adalah kicak. Panganan yang terbuat dari ketan ini hanya bisa dijumpai di bulan Ramadhan saja, bahkan adanya cuma di daerah Kauman. Rasa kicak yang manis dan gurih terasa nikmat saat disantap ketika berbuka puasa.

19.7.12

Kuliner Khas Gorontalo.

Binthe Biluhuta, Makanan Khas Gorontalo
Binthe Biluhuta merupakan makanan khas Gorontalo yang ada sejak masa lampau. Makanan ini diwariskan secara turun temurun oleh teteua Gorontalo. Pada masyarakat Gorontalo, Binthe Biluhuta atau yang sering dikenal dengan sebutan “milu siram” merupakan makanan yang sangat unik. Sebenarnya, bicara masakan khas Gorontalo, tidak sebatas pada binthe biluhuta atau milu siram saja, karena banyak makanan khas Gorontalo, yang perlu dikenal secra luas, tetapi mungkin yang lebih fokus ke binthe biluhuta saja.

1.7.12

Kerak Telor dari Jakarta.

Di Betawi atau Jakarta mempunyai beberapa makanan khas, seperti gado-gado betawi, dodol betawi, soto betawi, bir pletok, geplak dan masih banyak lagi. Berikut adalah salah satunya yaitu kerak telor. Saat ini kerak telor sudah mulai sulit didapat kecuali di obyek-obyek wisata seperti di Situ Babakan Jakarta Selatan dan Ragunan.

Kerak Telor
Berbicara mengenai kuliner khas Betawi tentu tidak akan terlewat dengan sebuah penganan yang diberi nama kerak telor. Makanan yang mungkin namanya diambil dari rupanya yang sedikit gosong ini konon sudah ada ketika Jakarta masih bernama Batavia. Waktu itu di Batavia masih banyak ditumbuhi pohon kelapa yang sebagian dimanfaatkan oleh penduduk untuk berbagai macam keperluan. Salah satu diantaranya adalah dengan memarut daging buahnya lalu mencampurnya dengan ketan, telur ayam dan beberapa bumbu masakan kemudian dimasak sedemikian rupa sehingga penganan yang disebut kerak telor.

22.6.12

Kuliner Khas Sulawesi Selatan.

Makanan merupakan kebutuhan hidup manusia sehari-hari, dan tentunya tiap orang mempunyai selera makanan yang tidak sama. Akibatnya terciptalah menu makanan yang beragam.

Berikut ini Kami sajikan beberapa menu makanan khas dari Sulawesi Selatan yang dikutip dari tulisan sahabat Kita.

1. Kapurung


Kapurung adalah salah satu makanan khas tradisional di Sulawesi Selatatan, khususnya masyarakat daerah Luwu (Kota Palopo, Kabupaten Luwu, Luwu Utara, Luwu Timur) Makanan ini terbuat dari sari atau tepung sagu. Di daerah Maluku dikenal dengan nama Papeda. Kapurung dimasak dengan campuran ikan atau daging ayam dan aneka sayuran. Meski makanan tradisional, Kapurung mulai populer. Selain ditemukan di warung-warung khusus di Makassar juga telah masuk ke beberapa restoran, bersanding dengan makanan modern.Di daerah Luwu sendiri nama Kapurung ini sering juga di sebut Pugalu.

8.6.12

Makanan Khas dari Papua


Masyarakat Indonesia terdiri dari berbagai suku, sudah barang tentu makanan khasnya pun beragam. Masing-masing suku mempunyai makanan khas tersendiri. Berikut adalah salah satu makanan khas dari Papua yaitu Papeda.

Bahan dasarnya adalah tepung sagu, sebab pohon sagu memang banyak tumbuh di pulau Cendrawasih itu.

Sagu merupakan makanan sumber karbohidrat, sehingga bisa dikatakan bahwa Papeda adalah pengganti nasi. Nilai gizinya juga tinggi.

29.12.11

Ketupat.


Ketupat


Ketupat atau di beberapa tempat disebut dengan "kupat" adalah penganan berbahan dasar beras atau beras ketan khas Indonesia. Sesuai dengan bahan dasarnya, ketupat menjadi makanan pokok pengganti nasi atau sagu yang kemudian disantap dengan sayur atau lauk pauk lainnya.

13.12.11

Kuliner Kampung Daun.


Alaminya Kampung Daun.


Kampung Daun merupakan salah satu tempat kuliner yang ada di kota Bandung. Dengan slogan Culture Gallery and Cafe, tempat makan ini siap memanjakan pengunjungnya untuk menikmati suasana pedesaan yang tenang dan menyegarkan. Dengan tambahan berbagai ornamen yang menciptakan suasana tradisional, Kampung Daun juga menyediakan berbagai makanan tradisonal khas Indonesia juga makanan modern dari negara lain.

12.12.11

Kuliner Surabaya.


Pasar Atom, Wisata Kuliner Surarabaya.

Saat berkunjung ke suatu kota, tidak lengkap rasanya tanpa berwisata kuliner. Mengunjungi Pasar Atom (sering juga disebut Pasar Atum) yang ada di pusat kota Surabaya layak menjadi pilihan. Berbagai jenis makanan dan jajanan khas dan nikmat dapat Anda temukan disini. Sempatkan untuk mampir ke tempat ini karena dengan hanya mengunjungi satu tempat, ada banyak kuliner yang bisa dicoba.

1.11.11

Makanan Betawi.


Aneka Makanan Betawi.

1.Kerak Telor



Berbicara mengenai kuliner khas Betawi tentu tidak akan terlewat dengan sebuah penganan yang diberi nama kerak telor. Makanan yang mungkin namanya diambil dari rupanya yang sedikit gosong ini konon sudah ada ketika Jakarta masih bernama Batavia. Waktu itu di Batavia masih banyak ditumbuhi pohon kelapa yang sebagian dimanfaatkan oleh penduduk untuk berbagai macam keperluan. Salah satu diantaranya adalah dengan memarut daging buahnya lalu mencampurnya dengan ketan, telur ayam dan beberapa bumbu masakan kemudian dimasak sedemikian rupa sehingga penganan yang disebut kerak telor.

Makanan Khas Cilacap.


Makanan Khas Kabupaten Cilacap Jawa Tengah

Oleh-Oleh Cilacap
Cilacap sebagai kabupaten yang kaya akan hasil laut dan hasil pertanian tentu mempunyai kekhasan dalam kuliner terutama untuk oleh-olehnya. Bisa dijumpai di toko-toko oleh-oleh di Cilacap seperti di sekitar pantai, terminal, pasar, jl A Yani, jl Bakung dan lain-lain.

Ikan Asin
Di Cilacap produksi hasil laut berlimpah. Segala hasil laut mulai ikan, udang, cumi-cumi, kepiting, teripang dan kerang banyak dijumpai dan sebagian diasinkan. Mulai dari yang besar hingga yang kecil seperti teri. Bisa dijumpai di pantai-pantai Cilacap.
2 komentar

Tidak ada komentar: