Jumat, 15 Maret 2013

wawasan dan wisata

12.1.13

Pantai Jumiang

Pantai Jumiang
Pamekasan. Kota yang juga dikenal kota batik ternyata juga memiliki pantai. Memang, Madura adalah kepulauan yang dikelilingi oleh pantai. Terdapat beberapa pantai yang indah tidak kalah dari pantai Kuta di Bali. Contohnya adalah pantai Lombang di Sumenep.
Pantai ini merupakan pantai satu-satunya di dunia yang ditumbuhi cemara udang di sekeliling pantai.
Pamekasan juga punya pantai. Jelas, karena batas utara dan batas selatan kabupaten ini adalah laut. Di sisi selatan berbatasan langsung dengan selat Madura dan di sisi utara berbatasan langsung dengan birunya laut Jawa. Pantai Jumiang adalah salah satunya.

4.12.12

Menyelam di laut Indonesia.

Ada ribuan tempat menyelam terbaik dan fantastis tersedia untuk penyelam dari setiap tingkat di Indonesia. Ini semua disebabkan oleh kenyataan bahwa Indonesia berada di tempat geografis yang tepat dengan beribu pulau, terletak antara Pasifik dan Hindia dengan lebih dari 80.000 mil panjang garis pantai. Ada Sekitar 4000 spesies yang berbeda ditemukan di perairan Indonesia, lebih dari 25% spesies ikan di dunia, dibandingkan dengan 1000 yang ditemukan dalam laut Merah atau 400 dari laut Karibia.

Raja Ampat
Keanekaragaman yang terbaik, Raja Ampat ini bisa dibilang tempat tempat menyelam terbaik di dunia. Situs menyelam di bagian paling timur Indonesia ini terpencil dan sulit untuk bisa dijamah manusia, oleh karena itu alam peraiirannya sungguh alami. Ada banyak tempat menyelam di Raja Ampat yang menarik yang kaya akan species ikan laut dan karang laut yang belum diketahui oleh orang-orang di dunia. Di perairan Raja Ampat terdapat banyak jenis ubur – ubur yang hidup berkelompok, jenis udang laut merah yang sangat cantik dan juga spesies lainya.

6.11.12

Pesona Situ Cileunca

Situ Cileunca terletak di Desa Warnasari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Danau ini merupakan danau buatan yang luasnya 1.400 Hektar dengan dikelilingi bukit-bukit dan berlatar belakang pegunungan. danau berkedalaman 17 meter ini banyak didatangi wisatawan untuk camping. Karena Pengelola objek wisata ini menyediakan arena camping round. Suara mesin dari perahu tidak mampu mengalahkan suara desiran angin dan gelombang air di Desiran angin itu semakin kuat menyibak rambut saat perahu terus melaju tanpa henti. Mata pun tak pernah letih memandang gelombang air, gunung-gunung, yang berada di sekitar Situ Cileunca.

31.10.12

Sungai terpanjang di Indonesia.

Sungai Musi (Sumatera)
Sungai Musi disebut juga sebagai Batanghari Sembilan (yang berarti: sembilan sungai besar). Panjang sungai Musi mencapai 750 km yang membelah provinsi Sumatera Selatan dari timur ke barat termasuk membelah kota Palembang, ibu kota Sumatera Selatan. Bagian hulu (sumber air) Sungai Musi berada di Kabupaten Kepahiang, Bengkulu dan bermuara di Laut Bangka.

15.10.12

Pantai-pantai Cantik di Flores

Kepulauan di Nusa Tenggara Timur ini punya banyak pantai yang tak kalah mempesona. Bahkan di antaranya adalah yang paling cantik di Indoensia, seperti pantai-pantai berikut ini :

Pantai Adonara
Tak ada habisnya membicarakan keindahan alam milik Flores. Salah satunya yang masih tersembunyi adalah pantai Pulau Adonara. Keindahan bukit hijau yang mengelilingi, semakin sempurna dengan birunya laut dan putihnya langit.
Sempurna adalah kata yang tepat untuk mewakilkan pantai di pulau ini. Sejauh mata memandang, hanya keindahan yang bisa di saksikan. Apa lagi pemandangan Laut Flores dan Selat Solor yang makin memperkaya keindahan alam di sini. Semuanya benar-benar terlihat bagai lukisan.
Pantai ini bisa di tempuh dari Kota Larantuka dengan menggunakan kapal kayu.

13.9.12

Sekilas tentang Bali.

Flora dan faunanya Bali
Iklim Bali yang tropis dengan pergantian 2 musim pada setiap tahun dan jajaran pegunungan dari ujung barat ke ujung timur di tengah pulau Bali menjadikan Bali sebagai daerah yang cukup subur. Berbagai jenis tanaman tropis dapat tumbuh dengan baik dari lahan pegunungan yang dingin hingga lahan dataran di hawasan pantai yang panas. Temperatur udara yang bervariasi 27° C hingga 28°.7 C dengan kelembaban udara berkisar antara
60% pada musim kering dan 100% pada musim hujan kiranya membawa pengaruh pada tingkat kesuburan berbagai jenis tanaman tropis yang tumbuh di Bali.

1.8.12

Gambar Rumah Adat.

Di Indonesia terdapat berbagai suku, bangunan rumah tiap suku mempunya ciri tersendiri. Berikut beberapa bentuk rumah adat yang ada di Indonesia :

1. Rumoh Aceh (Rumah Adat Nanggroe Aceh Darussalam)

13.6.12

Alat Musik Tradisional.

Penduduk Indonesia terdiri dari berbagai suku, seperti Betawi, Batak, Jawa, Sunda, Madura dan masih banyak lagi. Tiap suku mempunya kesenian tradisional sendiri-sendiri yang tentu saja alat musiknya pun berbeda. Untuk sekedar mengenal alat musik tradisional tersebut, dibawah ini serba singkat tentang beberapa alat musik tradisonal Indonesia.


ANGKLUNG
Angklung adalah alat musik yang secara tradisional berkembang di masyarakat Jawa Barat. Alat musik ini dibuat dari bambu, dibunyikan dengan cara digoyangkan (bunyi disebabkan oleh benturan badan pipa bambu) sehingga menghasilkan bunyi.

1.5.12

Alas Purwo.

Taman Nasional Alas Purwo merupakan salah perwakilan tipe ekosistem hutan hujan dataran rendah di Pulau Jawa.
Tumbuhan khas dan endemik pada taman nasional ini yaitu sawo kecik (Manilkara kauki) dan bambu manggong (Gigantochloa manggong). Tumbuhan lainnya adalah ketapang (Terminalia cattapa), nyamplung (Calophyllum inophyllum), kepuh (Sterculia foetida), keben (Barringtonia asiatica), dan 13 jenis bambu.

Taman Nasional Alas Purwo merupakan habitat dari beberapa satwa liar seperti lutung budeng (Trachypithecus auratus auratus), banteng (Bos javanicus javanicus), ajag (Cuon alpinus javanicus), burung merak (Pavo muticus), ayam hutan (Gallus gallus), rusa (Cervus timorensis russa), macan tutul (Panthera pardus melas), dan kucing bakau (Prionailurus bengalensis javanensis). Satwa langka dan dilindungi seperti penyu lekang (Lepidochelys olivacea), penyu belimbing (Dermochelys coriacea), penyu sisik (Eretmochelys imbricata), dan penyu hijau (Chelonia mydas) biasanya sering mendarat di pantai Selatan taman nasional ini pada bulan Januari s/d September.

18.4.12

Taman Nasional Ujung Kulon.

Ingin merasakan sensasi hutan tropis dengan beragam tumbuhan dan satwa penghuninya sekaligus pantai nan indah? Ingin semuanya terkemas secara alamiah alias liar? Taman Nasional Ujung Kulon, Pandeglang, Banten, adalah satu pilihan terbaik.

Taman Nasional Ujung Kulon terletak di ujung barat Pulau Jawa. Kawasan Taman Nasional itu mencakup wilayah seluas 1.206 kilometer persegi (443 kilometer persegi di antaranya laut), yang dimulai dari tanjung Ujung Kulon sampai Samudra Hindia. Termasuk dalam wilayah Taman Nasional Ujung Kulon adalah Krakatau dan beberapa pulau kecil di sekitarnya, seperti Handeuleum, Panaitan dan Pulau Peucang.

3.3.12

Gunung Jayawijaya.


Puncak Jaya Wijaya




Pegunungan Jayawijaya adalah nama untuk deretan pegunungan yang terbentang memanjang di tengah provinsi Papua Barat dan Papua (Indonesia) hingga Papua Newguinea di Pulau Irian. Deretan Pegunungan yang mempunyai beberapa puncak tertinggi di Indonesia ini terbentuk karena pengangkatan dasar laut ribuan tahun silam. Meski berada di ketinggian 4.800 mdpl, fosil kerang laut, misalnya, dapat dilihat pada batuan gamping dan klastik yang terdapat di Pegunungan Jayawijaya. Karena itu, selain menjadi surganya para pendaki, Pegunungan Jayawijaya juga menjadi surganya para peneliti geologi dunia.

24.2.12

Taman Laut.

5 Taman Laut Eksotik di Indonesia.




Terumbu karang adalah sekumpulan hewan karang yang bersimbiosis dengan sejenis tumbuhan alga. Mereka membentuk koloni karang yang terdiri dariribuan hewan kecil yang disebut Polip. Keanekaragaman ekosistem terumbu karang kerap menjadikannya surga bawah laut dunia. Berikut adalah 5 taman laut eksotik Indonesia yang didasarkan atas keindahan terumbu karangnya:

19.2.12

Gunung Bintan.



EKOWISATA MENDAKI GUNUNG BINTAN



Ekowisata Mendaki gunung gunung tertinggi di Pulau Bintan untuk menjelajahi hutan hujan tropis, melihat kehidupan hewan liar dan juga menikmati pemandangan indah di puncak gunung. Gunung Bintan yang terletak di kampung Bekapur, Desa Bintan Buyu, Kecamatan Teluk Bintan, Kabupaten Bintan.

18.2.12

Wisata Kebanggaan Indonesia.


10 lokasi Wisata Kebanggaan Indonesia



10 lokasi wisata kebanggaan Indonesia berikut ini adalah lokasi wisata yang selama ini terkenal di mata dunia, sehingga benar - benar menjadi kebanggaan Indonesia sebagai bangsa yang terkenal dengan keanekaragaman wisata alam dan budaya. Sekaligus untuk membangkitkan kembali rasa cinta dan bangga kita terhadap Indonesia. Bila dari luar negara saja bangga, mengapa kita tidak? Cintailah alam Indonesia yang kaya warna.

10.2.12

Panjat Tebing.


Tebing Panjat Di Jawa Dan Bali.




Ciampea
Tebing kapur ini terletak sekitar 15 km di sebelah selatan pusat kota Bogor, Jawa Barat. Lokasi ini sangat mudah dijangkau dengan kendaraan umum. Ketinggian tebing sekitar 30 – 45 m. Pada dinding yang tak begitu lebar itu terdapat lima jalur atau lintasan dengan tingkat kesulitan yang bervariasi ( Jalur Putih, Jalur Kambing, Jalur Intifada, Jalur Bycycle, dan Jalur Toke ). Kemiringan dinding dari slab sampai vertical. Lokasi ini merupakan lokasi ideal untuk para pemula berlatih.

7.2.12

Fenomena Alam Indonesia.


5 Lokasi Fenomena Alam Terbaik Di Indonesia.


Indonesia kaya akan alam dan budaya. Kekayaan dan keragaman alam Indonesia bahkan di akui Internasional, dan fenomena alam bisa Anda kunjungi dan nikmati di berbagai lokasi. Dan tahukah Anda, dimana saja bisa menyaksikan fenomena alam Indonesia yang terkenal indah dan megahnya? Berikut ini 5 Lokasi Fenomena Alam Terbaik Di Indonesia.

1. Sunrise di Gunung Bromo

2.2.12

Wisata Malino.

Malino: Tempat Liburan Menyegarkan Yang Melegenda

Sebagian orang yang jenuh dengan hiruk pikuk kota, memiliki jawaban yang sama ketika ditanya hendak pergi ke mana menikmati liburan akhir pekan? Mereka menginginkan pergi ke tempat yang tenang, sejuk dan alami. Mereka yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya, maka pilihan tersebut akan jatuh ke kawasan Puncak Bogor dan sekitarnya. Sedangkan bagi warga di Makassar dan sekitarnya, maka kawasan Wisata Alam Malino akan menjadi pilihan terbaiknya. Kawasan ini merupakan wahana dari beberapa objek wisata alam di sekitar Kota Malino yang dikelilingi hutan Taman Wisata Alam Malino.

29.1.12

Bendungan Jatiluhur.

Bendungan Jatiluhur sebuah Karya Luhur



Bendungan Jatiluhur, merupakan sebuah karya besar bangsa Indonesia.
Dibangun saat negeri ini baru merdeka dan belum bisa dikatakan mampu dalam segi finansial. Namun keberadaannya sangat diharapkan.
Bangunan monomental itu kini terus diandalkan sebagai tandon utama untuk kebutuhan air kota Jakarta dan sekitarnya. Berikut sejarah keberadaannya termasuk tokoh-tokoh yang berperan dalam pembangunannya;

23.1.12

Pulau Onrust


Pulau Onrust Sebagai Situs Cagar Budaya di Kepulauan Seribu


Lokasi yang mengandung atau diduga mengandung benda cagar budaya termasuk lingkungan yang diperlukan bagi pengamanannya disebut situs. Pengertian tersebut sesuai dengan pasal 1 ayat (2) Undang-undang RI nomor 5 Tahun 1992. Tentang Benda Cagar Budaya. Pulau Onrust adalah suatu situs yang mengandung benda cagar budaya dari masa kolonial yang perlu mendapat perlindungan dengan maksud untuk pelestarian dan pemanfaatannya guna memajukan kebudayaan nasional Indonesia.

Latar Belakang Sejarah
Pulau Onrust berperan pada masa Kolonial Belanda sekitar abad 17. Sebelum Belanda memanfaatkan untuk keperluan penjajahan, pulau-pulau di perairan Teluk Jakarta tersebut telah dimanfaatkan sebagai tempat peristirahatan keluarga raja-raja Banten.

14.1.12

Konferensi Asia Afrika.


Sejarah Konferensi Asia Afrika.


Berakhirnya Perang Dunia II pada bulan Agustus 1945,tidak berarti berakhir pula situasi permusuhan di antara bangsa-bangsa di dunia dan tercipta perdamaian dan keamanan. Ternyata di beberapa pelosok dunia, terutama dibelahan bumi Asia Afrika,masih ada masalah dan muncul masalah baru yang mengakibatkan masalah baru yang mengakibatkan permusuhan yang terus berlangsung,bahkan pada tingkat perang terbuka, seperti di Jazirah Korea, Indo Cina, Palestina, Afrika Selatan, Afrika Utara.

Masalah-masalah tersebut sebagian disebabkan oleh lahirnya dua blok kekuatan yang bertentangan secara ideology maupun kepentingan,yaitu Blok Barat dan Blok Timur.Blok Barat dipimpin oleh Amerika Serikat dan Blok Timur dipimpin oleh Uni Sovyet. Tiap-tiap Blok berusaha menarik negara-negara Asia dan afrika agar menjadi pendukung mereka. Hal ini mengakibatnkan tetap hidupnya dan bahkan tumbuhnya suasana permusuhan yang terselubung diantara dua Blok itu dan pendukungnya. Suasana permusuhan tersebut dikenal dengan nama “Perang Dingin”.

Tidak ada komentar: